Mangkunegaran Performing Art 2011 - Keajaiban Budaya Kota Surakarta


Pemerintah kota Surakarta kembali menggelar Mangkunegaran Performing Art 2011 yang merupakan serangkaian acara pagelaran budaya khas Pura Mangkunegaran yang menampilkan berbagai jenis tarian. Mangkunegaran Performing Art tahun ini merupakan agenda ketiga kalinya yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pariwisata Kota Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Pagelaran budaya khas Mangkunegaran ini akan diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 20 dan 21 Mei 2011.

Pembukaan Mangkunegaran Performing Art 2011 berlangsung sangat meriah, dihadiri oleh GPH Herwasto Kusumo yang sekaligus menjadi Ketua Panitia dan membuka pagelaran budaya kebanggaan Surakarta ini.Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menjadikan suasana begitu kental dengan nuansa Indonesia.

Pada hari pertama, terdapat 4 penampilan tarian di antaranya : Gambyong Pareanom Mangkunegaran, Srimpi Pandelori, Wireng Narayana Kalakresno dan Bregodo Pareanom. Suasana menjadi begitu meriah ketika 7 penari wanita yang mengenakan kostum warna hijau dengan selendang berwarna kuning mulai memasuki arena pertunjukkan. Dengan begitu luwes penari menarikan tari gambyong peranom yang merupakan tarian penyambutan tamu yang saat ini berkembang menjadi tarian untuk hiburan. Tari gambyong parianom berkembang pada masa pemerintahan Mangkunegaran VII.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Penyelesaian Tugas RSM

Zat Aditif yang terkandung dalam Bahan Makanan